Jumat, 09 Oktober 2009

Televisi Golstar CA-14G12 stanby

Rekan-rekan penggemar electronic baru saja saya memperoleh pasien televisi merek Golstar tipe Ca=14G12 dalam keadaan jika power di on terdengar klik relay kemudian stanby.Tv saya buka dalam keadaan power ac terputus terus saya perika pakai mulmeter posisi kali satu pada output regulatornya menunjukan angka hampir nol.Terus langkah selanjutnya saya open atau saya lepas transistor horisontalnya,transistor itu ternyata kaki emitor dan kolectornya korsleting. Saya cek ouput regulator tv itu kembali, pakai multimeter posisi kali satu ternyata pada multimeter nilainya berubah beberapa kilo ohm.Multimeter saya posisikan pada 250 volt dc kemudian saya jemperkan pada ouput regularor, dalam chasisnya ouput regulator tertera 92volt.Kemudian saya nyalakan mesin tv itu pada multitester menunjukan tegangan sebesar kurang lebih 210 volt dc langsung saya cabut jack ac televisi itu.Terus saya cek circuit regular, ic STR 50092 saya ganti dan saya cek tegangan ouputnya 92volt . Kemudian transistor horisontalnya juga saya ganti dengan yang baru.Televisi saya hidupkan sebentar kemudian saya cabut jack ac tv itu.Saya sentuh pada pendingin transistor horisontal dan pendingin regulator panas sekali.Saya ganti flybackhya 154-064G.Terus saya nyalakan kembali televisi nyala normal.Akhirnya ya selesai.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

info yang sangat bagus sob..terima kasih...