Rabu, 09 Maret 2011

Radio Tape Polytron Bisu.

Teman teman seprofesi. Kadang kita menjumpai pasien radio tape merek Polytron fungsi fungsi lain normal kecuali speaker normal tapi tidak keluar suara.Biasanya buru buru langsung justis ic ouput audio rusak ganti yang baru.Setelah memperoleh ic baru kemudian dipasang ee masih tak berkeming juga.Saya pernah memperoleh pasien seperti itu ,kata si empunya icnya telah diganti oleh bengkel lain.Tapi penyakitnya tak terobati.Akhir cerita pasien dibawa ketempat saya.Saya cek ternyata salah satu kaki audio outputnya menggunakan sistem muting.Biasanya sistem bekerja untuk menunda supaya pada waktu on power pada speaker tidak timbul suara jeduk .Atau perpindahan dari radio ke tape atau sebaliknya tidak timbul suara gemerisik.Pada kaki ic sistem mute itu biasanya terhubung satu atau dua transistor pengendali.Itu pernah terjadi kerusakan pada transistor itu saya ukur ebc nya ternyata bocor.Langsung saya ganti transistor itu dan hasilnya sembuh.Sorry sobat semua saya tidak mencantumkan nomer model radio tapenya soalnya tidak sempat mencatatnya.Tapi untuk jenis lain itu Polytron Bigband kalau gaksalah juga pernah terjadi demikian.Wasalam. Read more

15 komentar:

Anonim mengatakan...

klo suara radiotape merk POLYTRON pecah terutama pada bass,biasanya kerusakanya pada apa gan

RONI mengatakan...

betul gan, sistem kerja pake 1 TR tu jg di operasikan pada radio tape SONY CFS-W365S, tp d gunakan untuk perpindahan DECK A KE DECK B,serta perpindahan RADIO KE TAPE, dapet pasien malah bingung trnyata TR 8050 bocor, moga share aq jg ada yg memerlukan

Anonim mengatakan...

kalo kasus saya beda lagi...tidak ada suara.....yg mati jrc 4558 sama elco 100mf/35 v di kaki an7135 nya dah clear

GOOOOOOOOO mengatakan...

gan ane punya masalah tape merk tens TW-99k suara dari tape dan lainnya tidak ada , sempat ane liat ada cpsitor 100mf..16v sdh pecah....tlg bantuan nya gan.......thx sbelumnya

PALAPA electronic mengatakan...

Kalau suara bass pecah biasanya speaker konusnya terlalu lentur.

luph_u mengatakan...

irwan.
saya dapat konsumen ternyata ic power suaranya sudah tidak ada...ada 2 ic nya saya bingung no ic powersuaranya berpa?
typenya polytron BB 2312 VM....Tolong infonya .....makasih....

Anonim mengatakan...

Gan,

Ane punya Polytron Big Band BB652K. Posisi standyby aja (lampu standby nyala). Remote-nya ga ada lagi.
Tape diam aja begitu, manual pun tidak bisa. Bagaimana caranya ya biar bisa berfungsi lagi, atau mungkin di parts yang mana yang harus di perbaiki..? Thx

Unknown mengatakan...

saya punya tape deck politronBB652K.setiap saya nyalain ,paling setengah jam langsung melolok kaya ngebleng,,,,trus aku jemur hidup normal lagi,,tp setengah jam gitu lagi.....itu apanya ya,,,,,mohon bantuanya....makasih.

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahan..saya punya bigband polytron mati sebelah speakernya ...tolong dong pencerahan......

Unknown mengatakan...

Klo ane beda lg gan kemaren abis ada petir gede bgt idup tp ga ada suaranya gan tolong konsulmya gan abis kesamber petir masalhmya gardu lustrik di samping rumah kena

Unknown mengatakan...

Klo ane beda lg gan kemaren abis ada petir gede bgt idup tp ga ada suaranya gan tolong konsulmya gan abis kesamber petir masalhmya gardu lustrik di samping rumah kena

Heri pramono mengatakan...

Mohon bantuannya bos,tape saya polytron mega power,hilang switch gesernya,swicth untuk mindah radio keTape,keCD in,saya belikan ketoko2 gak ada yg punya,untuk Jampernya gimana ya bos,mohon bantuannya.Terimakasih.

gigan sang penakluk mengatakan...

kalo pemutar kasetnya terlalu cepat muternya membuat suara kaset seperti mickey mouse itu apanya yaa....???

Unknown mengatakan...

Tape polytron funtastix mati... dibawa ke polytron mahal bgt,, mohon dibantu mgkn harga lebih murah...

Unknown mengatakan...

Gan saya punya bigband politron BB3200 hidup normal tapi suaranya hilang alias nggak ada audia aut itu knpa yaa gan mohon info