Selasa, 26 Oktober 2010

Tv Kokotech Terang Gelap

Teman teman seantero jagat,kali ini saya menerima pasien tv Kokotech dengan keluh kesah semua normal kecuali sinarnya kadang terang kadang gelap kemudian terang gelap ,gelap terang.Pokoknya kadang kadang gelap gelapan kadang kadang terang terangan deh.Sang pemilik tv itu menuturkan bahwa tv itu baru dibelinya sekitar tiga bulan yang lalu kemudian mengalami problem seperti tersebut diatas.Seperti biasanya awal pemeriksaan kabinet saya buka langsung kesasaran circuit RGB saya diagnosa solderannya , untuk semua komponenya menunjukan sehat walafiat.Pada circuit ABL saya pastikan normal.Kemudian analisa menuju trimpot screen saya putar sedikit demi sedikit menuju maksimal dilayar tidak menunjukkan renpon tambah terang,malah terakhir kali menunjukan kegelapan.Kalau jack ACnya saya lepas menunjukan kilatan cahaya.Pada pcb RGB bagian input RGB saya kasih resistor1K2 saya hubungkan ke12volt dc ternyata dilayar menampakkan sinar .Tentunya merah ,hijau dan biru.Saya curiga ic chroma 8873CSCNG6PR6 langsung saya ganti masih tak berkeming..Sampai pada kesimpulan akhir circuit RGB harus direboisasi ,semua penghalang ganti yang baru.Masih aja tak berkeming juga.Akhir cerita saya pinjam circuit.RGB tv china sejenis.Alhasil menggembirakan.Raster normal seperti sediakala.Kesimpulannya bisa sobat tebak sendiri.Demikian sekelumit cerita dunia monter tv kita.Semoga ada manfaatnya.

Tidak ada komentar: